Jumat, 03 Mei 2019

Masyarakat Benahi Masjid dan Surau



Jelang Ramadhan 1440

Sijunjung, Menyonsong masuknya bulan suci Ramadhan 1440 H sejumlah masyarakat di berbagai tempat di Kabupaten Sijunjung gelar aksi bersih – bersih/ gotong royong di sekitar pekarangan Masjid dan Surau, tak terkecuali diantaranya proses perbaikan dan renovasi terhadap bangunan rumah ibadah yang mengalami kerusakan.
                                                                                                                                       (Foto ANTARA)

Termasuk diantaranya penggantian dan penambahan tikar shalat untuk nantinya akan dipergunakan para jamaah dalam pelaksanaaan Ibadah Shalat Tarweh berjamaah, mengepel lantai, pengecatan dinding, serta segala pernak - pernih pendukung lainnya.  

Seperti halnya di Masjid Istiqamah, Jorong Tangah, Nagari Muaro, Kabupaten Sijunjung,  Puluhan warga masyarakat terlihat terlihat antusias menggelar bhakti sosial di lingkungan masjid raya nagari kebanggaan masyarakat tersebut. Mulai dari proses pembersihan lingkungan pekarangan hingga pembenahan dalam gedung.  Berikut pembenahan tempat berwuduk, kelancaran akses jaringan air, dan lain sebagainya.

Seorang Tokoh Masyarakat, Siak Sati, menuturkan, kegiatan tersebut telah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya menjelang masuknya bulan suci Ramadhan, dengan tujuan supaya pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadhan di Masjid dapat berjalan lancar.    

“Menjaga dan membenahi Masjid adalah tanggung jawab setiap Umat Muslim, terlebih menjelang masuknya bulan puasa, Masjid harus kembali ditata agar terasa nyaman” tukasnya.

Saat ditanya apakah Program itu merupakan program Thaharah Masjid sebagaimana ditabuh Kementerian Agama, pihaknya mengaku aksi bersih-bersih Masjid menjelang Ramadhan di daerahnya itu justru sudah berlangsung secara turun-temurun.  Bahkan membersihkan rumah ibadah juga senantiasa dilakukan secara berkesinambungan di luar Ramadhan.

“Masjid ini sudah berusia ratusan tahun, hingga menjadi kebanggaan masyarakat Nagari Muaro,” ujarnya.

Aksi bersih-bersih masjid juga terlihat di lingkungan Masjid Raya Syuhada, pinggir lalan lintas Palangki, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung. Meski lingkungan masjid sudah terlihat bagus, namun sejumlah warga tetap menggelar gotong royong.

Pimpinan Organisasi Agama, Muhammadiyah Palangki, Sumardi, menuturkan, Masjid Raya Palangki adalah fasilitas ibadah kebanggaan masyarakat, setiap saat selalu ramai dengan berbagai kegiatan keagamaan, plus wirid pengajian.

“Selama bulan Ramadhan dipastikan jamaah Masjid Syuhada akan meningkat, maka segala persiapan harus dilakukan, tak ketinggalan aksi bersih-bersih,” imbuhnya. (red)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Populer